Microsoft Exel adalah Aplikasi komputer yang digunakan sebagai pengolah angka. Jika Anda menginstall software Microsoft office sudah pasti nanti di komputer Anda nanti sudah terinstall software pengolah data (Microsoft Word), software pengolah angka (Microsoft Exel), software pengolah database (Microsoft Access), software presentasi (Microsoft PowerPoint) dan lain-lain. Disini tidak akan saya jelaskan satu-satu dari software diatas tetapi, saya akan bahas tentang Formula dan Function Microsoft Exel.
Apa itu Function di Microsoft Exel ?
Apa itu Formula di Microsoft Exel ?
1. Operator Matematika
SUM adalah nama functionnya
D2 adalah awal dari data yang mau di jimlahkan
M2 adalah akhir data yang di jumlahkan
atau juga bisa menjumlahkan angka emnjadi =SUM(1;2;3;4;5;6;7;8;9;0)
2. Function AVERAGE
Fungsi untuk menghitung nilai rata-rata.
Penulisannya :
Menghitung nilai rat-rata D2-M2 menjadi =AVERAGE(D2;M2)
3. Function MAX
Fungsi yang digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari bebrapa range.
4. Function MIN
Digunakan untuk mencari nilai terkecil dari beberapa range.
Penulisannya:
Function Logika
1. Function IF
Percabangan antara 2 variabel untuk memilih 2 kemungkinan atau lebih dari perbandingan logika.
Penulisannya:
Akan mencari nilai yang lebih dari 60, Jika nilai lebih dari 60 maka LULUS jika kurang dari 60 maka Tidak LULUS
=IF(B5>60;"Lulus";"Tidak")
2. Function AND
Menghasilkan TRUE or BENAR jika semua argumen bernilai benar(TRUE) dan menghasilkan FALSE or SALAH jika satu atau lebih argumen salah.
Penulisannya :
misalnya:
3. Function HLOOKUP
4. Function VLOOKUP
Digunakan untuk mencari nilai dalam suatu kolom tabel atau untuk membaca tabelsecara vertikal dengan menggunakan nilai kunci pembanding serta offset kolomyang akan dibaca.
Apa itu Function di Microsoft Exel ?
Apa itu Formula di Microsoft Exel ?
~ Formula ~
Formula adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Microsoft Exel untuk perhitungan seperti Pertambahan (+), Pengurangan (-), Perkalian (*), Pembagian (/), Berpangkat (^), Presentase (%). Exel mengenal Formula dengan mendahulukan tanda (=) sebelumnya.
Formula di kategorikan ke dalam 2 macam :
1. Operator Matematika
Formula dapat di gunakan didalam cell dengan memilih dari beberapa cell yang akan di jalankan dalam Operator matematika.
Misalnya:
Penjumlahan pada cell D2 dan E2 maka pada kolom F2 kita masukkan formulanya =D2+E2.
*Ingat sebelum memasukkan formula gunakan tanda sama dengan (=) sebagai syarat formula.
setelah formula di masukkan tekanlah Enter, hasilnya pun akan keluar.
*Jika nilai di kolom D2 dan E2 sudah otomatis hasilnyamjuga akan berubah tanpa harus di masukkan formula lagi.
Hasil formula tidak pasti benar karena sering terjadi cell error, untuk mengatasinya double klik pada kolom cell hasil dan lakukan edit cell dengan benar.
2. Perbandingan
Formula untuk membandingan 2 buah nilai dengan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE (BENAR atau SALAH). Kode yang digunakan =, <, >, <=, >=,><
~Function~
Function adalah rumus-rumus dalam aplikasi Microsoft exel dengan menggunakan istilah-istilah statistik dan logika.
Apa perbedaan Function dan Formula ?
Perbedaannya pada penulisan rumusnya, jika formula menggunakan kode rumus (+,*,%,^) sedangkan function menggunakan istilah (Sum, Average, Max, Min). Dengan adanya Function Exel ini lebih menghemat waktu dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan.
Function Statis
1. Function SUM
Fungsi yang digunakan utnuk melakukan penjumlahan data pada suatu range.
Penulisannya :
=SUM(number1;number2)Jika ingin menjumlahkan data dari D2 - M2 maka penulisannya menjadi =SUM(D2;M2).
SUM adalah nama functionnya
D2 adalah awal dari data yang mau di jimlahkan
M2 adalah akhir data yang di jumlahkan
atau juga bisa menjumlahkan angka emnjadi =SUM(1;2;3;4;5;6;7;8;9;0)
2. Function AVERAGE
Fungsi untuk menghitung nilai rata-rata.
Penulisannya :
=AVERAGE(number1;number2)
Menghitung nilai rat-rata D2-M2 menjadi =AVERAGE(D2;M2)
3. Function MAX
Fungsi yang digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari bebrapa range.
=MAX(number1;number2)misalnya : =MAX(B4;E4)
4. Function MIN
Digunakan untuk mencari nilai terkecil dari beberapa range.
Penulisannya:
=MIN(number1;number2)contoh : =MIN(B4;E4)
Function Logika
1. Function IF
Percabangan antara 2 variabel untuk memilih 2 kemungkinan atau lebih dari perbandingan logika.
Penulisannya:
=IF(Logika;"value_true";"value_false")contohnya:
Akan mencari nilai yang lebih dari 60, Jika nilai lebih dari 60 maka LULUS jika kurang dari 60 maka Tidak LULUS
=IF(B5>60;"Lulus";"Tidak")
2. Function AND
Menghasilkan TRUE or BENAR jika semua argumen bernilai benar(TRUE) dan menghasilkan FALSE or SALAH jika satu atau lebih argumen salah.
Penulisannya :
=AND(Logika1,logika2,Lokiga3..)
misalnya:
Jika sel B5=TRUE, sel B6=FALSE, sel B7=TRUE
= AND(B5:B7) False
=IF(AND(rata-rata>=65, rata-rata<=90,”LULUS”,”GAGAL”)
Hal ini berarti jika rata-rata sebesar 65 dinyatakan LULUS, jika rata-rata 64.5 makadinyatakan GAGAL
3. Function HLOOKUP
Mencari nilai dalam suatu tabel atau digunakan untuk membaca tabel secarahorisontal dengan menggunakan nilai kunci pembanding serta offset baris yang akandibaca.
X :
Kunci pembacaan tabel yaitu kesamaan antara tabel anak dan tabel indukdimana tabel induklah yang harus menyesuaikan dengan tabel anak.
Y :
Nama range yang akan dibaca. Dalam pemberian nama range, judul kolomtidak diikutkan. Judul kolom harus diurutkan secara menaik atau ascending.
Z :
Nilai offset yang digunakan sebagai pembacaan pada baris data.
Digunakan untuk mencari nilai dalam suatu kolom tabel atau untuk membaca tabelsecara vertikal dengan menggunakan nilai kunci pembanding serta offset kolomyang akan dibaca.
X : kunci pembacaan tabel
Y : nama range yang akan dibaca, dan harus dalam keadaan urut secara menaikatau ascending.
Z : nilai offset yang digunakan sebagai pembacaan pada kolom data.
0 comments:
Post a Comment