Home » » Strategi dan Siklus kehidupan Produk | Product |

Strategi dan Siklus kehidupan Produk | Product |

Posted by E-Learning on Friday, April 11, 2014



Ilmu memang perlu dipelajari dari apa saja ? kapan saja dan dimana saja ? dan dengan siapa saja ? setelah belajar mengenal minyak bumi kita akan belajar tentang bisnis, bukan apa yang di masksud dengan bisnis atau proses bisnis ?.. namun akan mempelajari tentang strategi dan siklus dalam suatu product ? bagai mana strategi pemasaran product ? siklus apa dan bagaimana mensiasati product agar tetap bertahan ? 
Siklus kehidupan produk biasanya memiliki 4 fase khusus yaitu:
1. Pengenalan
2. Pertumbuhan
3. Kedewasaan
4. Penurunan

Fase Pengenalan
• periode awal dimana konsumen diinformasikan mengenai produk yang baru dengan cara promosi untuk memperkenalkan produk.
• Biaya permulaan untuk produksi dan iklan dapat melebihi pendapatan yang diterima selama fase ini
• Harga produk akan ditentukan tinggi jika tidak ada produk pesaing lain yang belum ada di pasar. Strategi ini disebut peluncuran harga (price skimming).

Fase Pertumbuhan
- periode dimana penjualan produk naik dengan sangat cepat
 Contoh telepon seluler, TV satelit
- Harga produk mungkin akan lebih rendah saat produkpesaing memasuki pasar.

Fase Kedewasaan
- periode dimana produk pesaing tambahan telah memasuki  pasar, dan tingkat penjualan produk terhenti karena lebih banyak persaingan
- Strategi pemasaran digunakan untuk memastikan bahwa pelanggan masih menyadari akan keberadaan produk
- Beberapa strategi pemasaran akan menawarkan diskon khusus untuk mempertahankan pangsa pasar
- Perusahaan juga dapat merevisi rancangan produk yang sudah ada
 Contoh: standart jasa kabel televisi

Fase Penurunan
- periode dimana penjualan produk tersebut turun, baik karena berkurangnya permintaan konsumen terhadap jenis produk maupun karena bertambahnya pesaing di pasaran

STRATEGI PENENTUAN HARGA
Perusahaan menentukan harga produk dengan mempertimbangkan:
- Biaya produksi
     • Metode penentuan harga umumnya disebut penentuan harga berdasarkan biaya yi estimasi biaya per unit untuk memproduksi produk dan menambahkan suatu kenaikan
     • Semakin besar volume produksinya harga akan semakin turun dan sebaliknya

- Suplai persediaan
    • Semakin banyak persediaan barang harga semakin turun atau sebaliknya
- Harga persaingan
   • Penentuan harga penetrasi yaitu strategi menentukan harga yang lebih rendah dibanding produk2 pesaing agar dapat menembus pasar
- Permintaan akan produk akan responsif terhadap perubahan harga disebut harga elastis, contoh perlengkapan makanan (serbet, piring kertas adalah harga elastis)
- Namun penentuan harga penetrasi tidak selalu berhasil
- Permintaan akan sebuah produk yang harga tidak elastic adalah tidak responsif terhadap perubahan harga
- Contoh bagi orang kaya kalau mau beli mobil mewah tidak tergantung harga tetapi tergantung dari kualitas dan kenyamanan mobil tersebut, pergi kedokter: kalau elanggan sudah nyaman dengan dokter tsb walaupun harga mahal dia tidak akan beralih ke dokter lain
- Penentuan harga defensif yi tindakan menurunkan harga
- produk untuk menahan/mempertahankan pangsa pasarnya
- Penentuan harga predatori yi strategi menurunkan harga untuk menyerang pesaing baru yang masuk ke dalam pasar
- Penentuan harga prestise yi strategi menggunakan harga yang lebih tinggi untuk meraih kesan lini yang terbaik


Strategi Distribusi
Saluran langsung Adalah ketika produsen melakukan transaksi langsung dengan pelanggan.
Keunggulan saluran distribusi langsung;

1. Selisih total antara biaya produsen dengan harga yang dibayarkan oleh konsumen akan diterima produsen.
2. Produsen dapat dengan mudah memperoleh tanggapan dari pemakai produk, dapat memberikan tanggapan cepat atas keluhan pelanggan dan peluang untuk memperbaiki kekurangan dengan cepat.


Hosting Unlimited Indonesia

0 comments:

Donate Bitcoin :
19QsXRcfUEKW9AVbGkJFB6WJPvn6uRboNr