Home » » Proses Menciptakan Produk Baru

Proses Menciptakan Produk Baru

Posted by E-Learning on Thursday, January 16, 2014


Proses Menciptakan Produk Baru
"Adakalanya menciptakan produk baru lebih baik dari pada membuat inovasi baru pada produk lama atau malah sebaliknya. Dalam membuat sebuah produk baru ada beberapa tahap, proses sebelum produk itu benar-benar mulai di produksi dan di distribusikan ke masyarakat. Berangkat dari sana pada artikel ini akan membahas tahapan-tahapan dalam menciptakan Produk Baru dan Peran Merk dalam sebuah produk. enjoy reading ^_^"







"MENCIPTAKAN PRODUK BARU"
- Menciptakan suatu produk baru tidak gampang
- Keuntungan dari sebuah produk yang berhasil akan menutupi kerugian yang diakibatkan oleh        
  beberapa produk yang gagal
- Sebuah produk baru tidak harus mewakili sebuah penemuan yang terkenal
- Kebanyakan produk baru hanya merupakan pengembangan dari produk yang sudah ada
- Produk yang sudah ada akan menjadi usang atau kurang bermanfaat

            Untuk masa sekarang dengan dua alasan:
                1. Produk tersebut sudah ketinggalan mode (mode kadaluarsa/fashion obsolescense)
                2. Teknologinya sudah usang (technological obsolescence)
                     yaitu : Mutu sebuah produk lebih rendah terhadap produk baru yang teknologinya lebih
                                maju.
                                Misal Hewlett-Packard menciptakan printer yang lebih cepat, model lama lalu                                         menjadi teknologi usang.

Penggunaan riset pemasaran untuk menciptakan produk baru :
- Riset pemasaran (akumulasi dan analisis data untuk membuat keputusan pemasaran tertentu) sangat  
  berguna untuk membuat keputusan tentang produk
- Pandangan perusahaan tentang pilihan konsumen akan lebih akurat jika didukung dengan riset  
  pemasaran
- Survei pasar akan mengetahui banyak keinginan konsumen akan sebuah produk yang tidak tersedia di   pasar
- Survei pasar juga dapat mengidentifikasi kekurangan dari sebuah produk yang dimiliki perusahaan
- Informasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangannya. Rancangan dan  
   kualitas sebuah produk dapat diperbaiki untuk memenuhi pilihan konsumen.
- Produk yang baru dan telah diperbaiki akan diuji dengan menggunakan riset pemasaran. Produk tsb       diberikan kepada calon konsumen yang diminta untuk menilai berbagai karakteristik dari produk
  tersebut.
- Jenis riset ini memungkinkan perusahaan untuk membuat perbaikan lebih lanjut yang akan  
  memuaskan pelangganPenggunaan Paten untuk melindungi riset dan pengembangan
          () Paten yaitu: hak eksklisif untuk produksi dan penjualan produk tertentu supaya ide-idenya                                          tidak bisa ditiru oleh pesaingnya.


Langkah-langkah penting untuk menciptakan produk baru :
* Mengembangkan ide produk.
* Menentukan apa yang konsumen butuhkan.
* Menilai kelayakan ide produk.
               - Setiap ide untuk produk baru atau penegembangan produk harus dinilai dengan                                      memperkirakan biaya dan keuntungannya.
               - Ide tersebut harus dilaksanakan jika hanay jika keuntungannya melebihi biayanya.
                 Contoh American Airlines mengganti beberapa kursinya.
                 untuk memuaskan pelanggan dengan memberikan ruang kaki yan lebih lapang
                 (tetapi apasitas kursi berkurang)
* Merancang dan Menguji produk
                - Setelah diuji, jika perubahan membawa dampak yang menyenangkan bagi pelanggan dan                       menguntungkan perusahaan, maka dapat dilaksanakan di seluruh armada.
* Mendistribusikan dan Mempromosikan produk
               - Membuat konsumen dalam target pasar mengetahui keberadaan produk
* Pengawasan paska produksi
               - Jika biaya aktual pengembangan pesawat terbang lebih banyak dari keuntungan, maka                            perusahaan sebaiknya kembali pada rancangan produk asli saat dibutuhkan pesawat terbang baru.


Merk Produk
Diferennsiasi produk adalah upaya sebuah perusahaan untuk membedakan produknya dari  produk pesaing dalam suatu sifat yang membuatnya lebih diinginkan.

- Beberapa produk dibedakan dari produk pesaingnya oleh kualitasnya.
- Semua perusahaan mencari beberapa jenis keunggulan kompetitif yang dapat membedakan produk mereka dari produk yang lainnya.
- Beberapa metode yang lebih umum digunakan untuk membedakan suatu produk.
         * Rancangan unik
            (pengembangan perumahan, penjualan online, jalur pendek untuk penerbangan yang
             sebelumnya tidak disediakan)
         * Kemasan unik
         
- Merek unik
 (Merek adalah metode untuk mengidentifikasi dan membedakan berbagai produk dari produk pesaing)
- Merek biasanya diwakili oleh nama atau simbol
- Merek dagang: bentuk merek yang mengidentifikasikan bahwa produk tsb dilindungi secara hukum untuk digunakan oleh perusahaan lain
- Misal Coke sering digunakan untuk menunjukkan minuman Cola lainnya, dan Kleenex sering digunakan untuk menunjuk setiap tisu pembersih wajah
- Beberapa simbol lebih dikenal dari merek lain, ex: Pepsi, Nike, Mersedes, Levi’s
- Merek keluarga : Merek dari semua produk yang diproduksi oleh sebuah perusahaan.
- Merek individu  : Memberikan merek yang unik untuk membedakan produk atau kelompok produk.
- Merek produsen : Mencerminkan produsen yang menciptakan produk.
- Merek toko         : Mencerminkan toko pengecer yang menjual produk tersebut
- Merek generik     : Beberapa produk tidak diberi merek baik oleh produsen maupun oleh toko

Manfaat Merek
1. Bisa mengungkapkan nama sebuah perusahaan kepada masyarakat, jika perusahaan dihargai, maka
    produk baru akan dipercaya karena produk tsb membawa nama perusahaan.
2. Merek terkenal biasanya menyediakan ruangan yang lebih luas di sebuah toko.
    Contoh: Coca-Cola dan Pepsi sering menerima rak mayoritas disebuah toko minuman ringan, sereal,     deterjen, dan juga bisnis jasa: misal Southwest Airlines mulai melayani jalur penerbangan baru,      
    perusahaan tersebut menggunakan mereknya (kepercayaan pelayanan yang baik, harga yang rendah)     untuk menarik pelanggan.

Akhir-akhir ini perusahaan telah memasuki kesepakatan yang disebut co-branding yi dua produk yang bukan pesaing dikomunikasikan pada harga diskon. Contoh: Blockbuster Entertainment Group yang menerbitkan kartu visa, pelanggan Blockbuster Video akan menerima diskon saat menyewa video
dengan menggunakan kartu visa mereka.


Hosting Unlimited Indonesia

0 comments:

Donate Bitcoin :
19QsXRcfUEKW9AVbGkJFB6WJPvn6uRboNr