Home » » Belajar Linux Untuk Pemula

Belajar Linux Untuk Pemula

Posted by E-Learning on Sunday, November 15, 2015

Mau menggunakan Linux , tapi bingung dari mana?
Mau menggunakan Linux take bingung distro yang mau di pake?

Mungkin dalam benak kalian berkata...
Saya nggak pake Linux tapi ubuntu atau linux mint atau Debian ....
Linux susah...
Linux jelek....
Linux nggak bisa buat main game...
Linux harus online....
dan Linux Linux yang lain...

Oke, coba saya jawab satu-persatu, tapi sebelumnya kita kenalan dulu sama si Linux.
Tahu apa itu Linux ? Dari mana dia berasal ? kenapa logo Linux itu penguin ?

Tips memilih Distro linux, baca di bagian akhir/ bawah halam ini

Perkenalan dengan Linux ?
Linux adalah sistem operasi yang disebarkan secara luas dengan gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL). Sistem Operasi linux dapat bekerja secara Multitasking[1] dan Multtiuser[2].

Linux dibuat oleh Linus Torvalds dan kemudian dikembangkan lagi dengan para programmer dan jagoan unix. Awal cerita ketika dirilis sistem MINIX (sistem bertipe UNIX) pada tahun 1987 oleh Andrew S.Tanenbaum, Linus Torvalds terinspirasi dan kemudian pada tahun 1991 membuat sistem non-komersial pengganti MINIX dan jadilah kernel linux. Perkembangan linux semakin hari semakin berkembang karena sifatnya yang opensource dan banyak programmer /kelompok /komunitas yang ikut andil dalam mengembangkan sistem linux.

Kenapa logo Sistem Linux itu Pinguin ?
Logo Linux (Tux) dimulai saat Linus Torvalds sedang berjalan-jalan di taman Perth. Saat sedang berjalan itu lah Linus Torvalds di patok oleh seekor Pinguin dan demam selama berhari-hari. Ia berfikir bahwa karakter pinguin cocok untuk menjadi logo dari sistem operasi barunya itu. Maka diadakan sebuah kompetisi untuk mendesain Logo Linux yang baru, dan kompetisi itu dimenangkan oleh Larry Ewing yang berhasil menggambarkan seekor pinguin yang sedang duduk[3].


Perkembangan Distro Linux ?

Mau pake Ubuntu, linuxMint, Debian, KaliLinux, backtrack, Slakware, Fedora, Gentoo, macam-macam ini adalah macam-macam dari distribusi linux. Inti dari distro Linux adalah kernel, koleksi program dari proyek GNU, shell, dan utility (libraries, kompilator, editor). Bagaimanapun, utilitas tersebut dapat dipisahkan dan sistem ala UNIX masih tersedia.
Contoh-contoh distribusi Linux :
- Ubuntu
derivatifnya : Sabily (Ubuntu Muslim Edition), Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, GoBuntu, Gnewsense, ubuntuCE)
- OpenSUSE
- Fedora
- BackTrack
- Mandriva
- Slackware
- Debian
- PCLinuxOS
- Knoppix
- Xandros
- Sabayon
- CentOS
- Red Hat
- ClearOS
- Chrome OS
- Gentoo Linux
- Mageia
untuk melihat perkembangan dari distribusi linux bisa dilihat disini http://distrowatch.com.

Linux itu susah ? Linux itu jelek ? Linux itu harus online ?
Sebelum kita belajar mindset/ pemikiran yang seperti ini kita hilangkan terlebih dulu, disingkirkan terlebih dahulu. kenapa ? karena mindset dapat merubah keadaan :)).
misalnya : Dulu tahun 2000-n sebelum sekarang handphone hanya dapat menerima sms, mms, call, main game ular tangga, calculator, masih ingat kan ?. Dengan perkembangan teknologi, sekarang HandPhone sudah mendekati komputer penggunaannya, bisa buat dokument, kamera, rekam video, rekam suara dll, iyaa nggak ?.
Tahu nggak diawal rilisnya Handphone canggih ini orang tidak langsung berbondong-bondong membeli, tapi bertahap dari pihak mereka mengenalkannya terlebih dahulu dan masyarakat waktu itu merasa susah untuk memakainya. Tetapi sekarang begitu banyak variantnya bukan ?

Hal yang sama dengan linux, Linux tidaklah sulit, sulit itu karena kita belum terbiasa dengan lingkunganya saja.
kenapa ? karena, banyak dari orang indonesia yang awal kenal komputer berhadapan dengan windows, sistem operasi yang di kenal mudah digunakan.

Sekrang linux mudah digunakan lho..
dulu banyak yang bilang linux susah karena installnya harus ngetik!!
mari buktikan ...

Gambar1

Gambar diatas adalah Gambar Paket Manager di ubuntu namanya (Ubuntu Software Center), dengan menggunakannya install aplikasi tinggal klik saja. Software Center itu mirip Playstore di Android dan App Store di IOS. Mau install Gimp (aplikasi editor foto) tinggal cari di pencarian atau di buka di tab menunya dan pilih GIMP kemudian klik install disisi kanan.
Tak hanya install mau remove/ buang/ uninstall program dari sini bisa, pilih aplikasinya kemudian pilih remove.

Apa installnya harus Onlie ?
Ya iya donk, namanya juga software center.

Linux jelek ?
Yakin tuh Linux jelek ? oke, kita buktiin..
Gambar2

Gambar3

Gambar3

Tampilan gambar diatas adalah tampilan linux yang sudah di custom, tampilan menjadi lebih menarik dan terlihat elegan.
ada juga tampilan linux yang dapat di custom menjadi mac, ini adalah tampilan linux saya di awal menggunakan ubuntu 10.04.
Bagaimana apa kah linux jelek ? :P

Linux nggak bisa main Game ?
untuk urusan game memang belum banyak game-game yang menyerupai dengan game windows persis, tapi game linux juga ga kalah seru.
Gambar4
Game OPENMW

Gambar5
Game Cubemen


Jika kalian ingin belajar linux sebaiknya bertahap terlebih dahulu, jika merasa sudah bener-bener siap silahkan migrasi totall.
Awal install dualboot dulu/ behind Windows, yang pasti jangan cuma di install cobalah untuk menggunakannya untuk keseharian.
Cobalah untuk menyelesaikan masalah yang muncul di linux, mau tau cara mengatasi error dilinux ? baca pembahasannyanya Cara mengatasi Error Linux .

Bingung mau pake linux apa ?Banyak distribusi linuxnya ?
Untuk linux yang mau digunakan silahkan gunakan linux yang penggunanya lebih banyak, ada komunitas/ forum yang membahas tentang distro tersebut. Dari saya merekomendasikan untuk menggunakan UBUNTU atau LINUXMINT, 2 distro yang bagus untuk pemula, tampilan yang bagus dan ada forum resmi yang membahas masalah yang ada pada kedua distro tersebut. Untuk melihat pengguna linux bisa di lihat di distrowatch.com, lihat pada sisi kanan "Page Hits Rangking", yang paling atas adalah yang terbanyak.


Forum-ubuntu

Forum-Linux

[1] Multitasking adalah Linux dapat menjalankan berbagai macam-macam aplikasi dalam satu waktu.
misal: Menjalankan aplikasi music, video, dan melakukan pencarian di internet secara bersamaan.
[2] MultiUser adalah Linux dapat melayani beberapa user, satu sistem operasi linux dapat melayani berbagai user yang sudah terdaftar dalam akun Linux.
[3] Wikipedia


Hosting Unlimited Indonesia

0 comments:

Donate Bitcoin :
19QsXRcfUEKW9AVbGkJFB6WJPvn6uRboNr