Home » » Mengenal ubuntu 15.10

Mengenal ubuntu 15.10

Posted by E-Learning on Tuesday, November 10, 2015

Ubuntu 15.10 Wily Werewolf adalah linux ubuntu yang release pada bulan oktober kemarin, seperti biasa nama-nama dari distro linux ubuntu diambil dari nama-nama hewan seperti di android lah seperti Ice cream sandwich, Jellybean, Kitkat, Lolipop, Marsmello hanya saja di Android nama-nama yang digunakan diambil dari nama makanan. Di ubuntu juga sama dari versi pertama Warty Warthog (ubuntu 4.10), Hoary Hedgehog(ubuntu 5.04), Breezy Badger(ubuntu5.10), Dapper Drake (ubuntu 6.06), Edgy Eft(ubuntu 6.10), Feisty Fawn(ubuntu 7.40) dst. Lihat langsung aja pada tabel berikut :

Gambar1

Gambar2

Gimana udah lihat, banyak banget kan ?
Setiap release versi terbaru biasanya ada pembaharuan dari system yang sebelumnya. Untuk ubuntu 15.10 itu bukan masuk dalam ubuntu LTS jadi supportnya hanya sampai 18 bulan bukan berarti setelah 18 bulan tidak bisa memakai ubuntu 15.10 lho ya, maksudnya disini itu support dari developernya (setelah 18 bulan tidak ada lagi update).


Bagaimana dengan Ubuntu LTS ?

Apa kepanjangan dari LTS di Ubuntu ?
LTS atau Long Time Support adalah versi ubuntu yang mendapatkan dukungan dari developer selama 3 tahun untuk versi desktop dan 5 tahun untuk versi Server. Versi Ubuntu LTS akan dirilis setiap 2 tahun sekali, Alasan kenapa 2 tahun adalah karena mengikuti rilisnya dari Debian, sebagaimana ubuntu itu sebagai turunan dari debian. Baik versi LTS atau Non-LTS sama-sama baik, Ubuntu LTS cenderung lebih stabil dari pada ubuntu Non-LTS. Buat kamu yang males-malesan untuk ganti distro sebaiknya menggunakan memilih distro ubuntu versi LTS dari pada Non-LTS.

Gambar3

Back to Ubuntu 15.10,
Fitur terbaru dari ubuntu 15.10 adalah.
- Tampilan waktu installasi yang bagus, enak dilihat.
- Paket Aplikasi dan software aplikasi yang uptodate.
- Kerner yang digunakan versi 4.2.
- Dukungan driver AMD GPU baru, F2FS perfile enkripsi.
- Pembaharuan berbagai Driver.
- Perubahan di scrollbar


Hosting Unlimited Indonesia

0 comments:

Donate Bitcoin :
19QsXRcfUEKW9AVbGkJFB6WJPvn6uRboNr