Home » » Pengertian Bahasa, Bentuk, Makna dan Fungsi Bahasa

Pengertian Bahasa, Bentuk, Makna dan Fungsi Bahasa

Posted by E-Learning on Friday, November 6, 2015

Bahasa di eja B - A - H -A - S - A
Apa Pengertian dari Bahasa ?
Adakah bentuk dan makna dari Bahasa ?
Apa fungsi Bahasa ?
Asal Mula Bahasa ? -Baca disini http://allelearnings.blogspot.co.id/2015/06/asal-mula-bahasa.html

lanjut bahas BAHASA ...

Gambar 1
Pengertian Bahasa ?
Bahasa Adalah Alat komunikasi antar anggota masyarakat, berupa lambang bunyi-suara, yang dihasilkan oleh bibir manusia
Sering kali kita berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa baik di daerah sendiri ataupun ketika keluar daerah, ketika kita berbicara kepada orang lain masih dalam lingkup lingkugan sendiri itu masih mudah, karena bahasa yang digunakan masih sama. Namun jika keluar daerah dengan adat yang berbeda dan bahasa berbeda itu menjadi masalah, sehingga perlu adanya kesepakatan bahasa dalam tingkat daerah yang lebih tinggi.


Bentuk dan Makna ?
Dalam pengertiannya tadi bahasa menjadi alat komunikasi antar anggota masyarakat, sebagai alat komunikasi bahasa memiliki 2 bagian yaitu Bentuk dan Makna. Bentuk sendiri dalam bahasa masih dibagi menjadi 2 : unsur-unsur segmental dan unsur-unsur supasegmental.
Unsur-unsur segmental adalah bagian bentuk bahasa yang dapat dibagi-bagi atas bagian-bagian (segmen-segmen) yang lebih kecil.
Unsur-Unsur suprasegmental adalah bentuk bahasa yang kehadirannya tergantung unsur-unsur segmental


Unsur-unsur Segmental
Bagian dari unsur-unsur segmental secara hirarki dari yang paling besar hingga ke bagian paling kecil yaitu wacana, kalimat, klausa, frasa, kata, morfem, suku kata dan fonem. Dari urutan diatas dapat di simpulkan bahwa sebuah wacana besar dapat dibagi ke wacana-wacana yang lebih kecil, karangan utuh dapat dibagi atas bab-bab, bab-bab dapat dibagi atas rangkaian alenia-alenia, alenia-alenia dapat dibagi atas kalimat-kalimat, kalimayt-kalimat dibagi atas klausa-klausa, klausa-klausa dibagi atas frasa-frasa, frasa-frasa dibagi atas kata, kata atas morfem, morfem atas suku kata dan suku kata atas fonem.


Unsur-unsur Suprasegmental
unsur-unsur suprasegmental terdiri dari notasi dan unsur-unsur bawaannya, yang kehadirannya tergantung dari unsur-unsur segmental bahasa.

Makna adalah Bentuk responsi dari stimulus yang diperoleh pemeran dalam komunikasi sesuai dengan asosiasi maupun hasil belajar yang dimiliki.[1]

Fungsi Bahasa
Komunikasi dengan mempergunakan bahasa itu adalah secara umum, jika fungsi tersebut diperince kembali maka didapatkan bahasa mempunyai fungsi sebagai berikut :
  1. Praktis
  2. Untuk melakukan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
  3. Artistik
  4. Manusia dapat mengolah dan mempergunakan bahasa dengan cara seindah-indahnya guna pemuasan rasa estetis Manusia.
  5. Menjadi kunci mempelajari pengetahuan-pengetahun lain.
  6. Filogis
  7. Mempelajari naskah tua untuk mempelajari , menyelidiki latar belakang sejarah manusia, kebudayaan, adat-istiadat dan perkembangan bahasa itu sendiri.


Hosting Unlimited Indonesia

0 comments:

Donate Bitcoin :
19QsXRcfUEKW9AVbGkJFB6WJPvn6uRboNr