Home » , » Persiapan Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja

Persiapan Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja

Posted by E-Learning on Tuesday, November 3, 2015

Semoga artikel berikut dapat menjadi referensi bagi mahasiswa / sarjana muda untuk menghadapi dunia kerja. Artikel dikutip dari seoarang traininer Andrew Nugraha, beliau adalah seorang Trainer, Business Coach & Management Consultant serta Managing Director dari Leadership & Marketing Institute dan Anugerah Media Buana, sebuah perusahaan jasa training dan consultant yang berbasis di Makassar namun memiliki jaringan nasional.
Apa saja yang di siapkan seusai kuliah, untuk menghadapi dunia kerja ?
1. Interpersonal Skill
Gambar1
Mahasiswa perlu memiliki interpersonal skillyang baik hal ini dapat dimiliki dengan bergaul dengan lebih banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat. Jika mahasiswa hanya bergaul dengan teman-teman mahasiswa saja, maka tentu cara berfikir dan apa yang mereka tahu hanya seputar kampus, tetapi jika mereka sejak dari bangku kuliah sudah terbiasa bergaul dengan orang-orang di luar kampus (sales, marketing, manager, pemuka masyarakat di lingkungannya) maka mereka akan kaya akan wawasan. Dengan begitu mereka sudah mempunyai gambaran tentang dunia kerja sebenarnya serta mempersiapkan diri untuk terjun ke arena tersebut.




2.Communication Skill
Gambar2Mahasiswa perlu memiliki communication skill yang baik, ingatlah bahwa dalam dunia ini baik pekerjaan, perceraian rumah tangga, masalah antara atasan dan bawahan, perselihan antra suplier dan buyer terjadi karena masalah communication breakdown (Keagagalan komunikasi). Komunikasi bukan hanya masalah cara berbicara saja, tetapi lebih  dari itu. Komunikasi melibatkan banyak hal, baik verbal maupun non verbal. Menyakinkan orang lain bukanlah hal yang mudah Anda perlu memiliki communication skill yang baik.

3. Leadership Skill
Gambar3
Mahasiswa perlu memiliki leadership skill, jika tidak maka para alumni hanya siap menjadi perkerja tidak secara otomatis memimpin orang lain. Ingetlah bahwa leadership itu bukan masalah perintah-memerintah orang, tetapi banyak faktor yang dalam leadership skill (ketegasan, keteladanan, kematangan emosi, berempati dkk, dan hal ini perlu dikembangkan secara perlahan-lahan).



Hosting Unlimited Indonesia

0 comments:

Donate Bitcoin :
19QsXRcfUEKW9AVbGkJFB6WJPvn6uRboNr