Home » , » Mengamankan Situs Website

Mengamankan Situs Website

Posted by E-Learning on Monday, February 15, 2016

Hallo, mungkin sudah pada tahu maksud dari artikel ini ..hehehe
Perkembangan web semakin berkembang, semakin banyak developer pengembang, juga membuat sebuah alat untuk memudahkan dalam membangu sebuah website. Misalnya saja framework ada codeigniter / laravel / cake php / yii dll, dari Content Managemen System ada Wordpress, Openchart, Magento, Prestashop, dll. masih banyak lagi yang lainnya yang mungkin akan membutuhkan beberapa halaman untuk membahasnya satu-satu.

Mengamankan Website

Mungkin dari kita ada yang berfikir menggunakan cms itu jelek ? alasannya karena mudah di hack, mudah di susupi virus dan alasan lainnya, mungkin yang lain memilih menggunakan sebuah cms karena kemudahannya dalam pengoperasian dan biaya lebih murah.
Setiap pendapat orang memang berbeda-beda tapi coba kita kaji sedikit....

CMS (Content Managemen System)
a computer application that allows publishing, editing, modifying, organizing, deleting, and maintaining content from a central interface.

perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi kontent dari suatu websites

Selenjutnya baca - Wikipedia indo / Wikipedia Inggris

Yang belum paham tentang CMS silahkan dibaca di artikel diatas, lanjut untuk mengamankan situs website dari serangan. Perlu diketahui serangan pada sebuah website itu juga beragam bukan hanya DOS atau DDOS saja, masih ada injeksi SQL, XSS, injek HTML dan masih banyak lagi. Terus bagaimana cara kita mengamankannya ??

1. Update CMS
Lakukan update CMS ke versi terbaru, lihat perbedaan apa yang dilakukan oleh pengembang cms. bug apa yang ada pada cms sebelumnya ?
HOT Topic E-Book Hacker

2. Jangan gunakan plugin yang kuranf terpercaya
Gunakan plugin yang sudah mempunyai rate dan banyak orang menggunakannya, kalaupun terpaksa mau gunain plugin yang belum ada rate cek dulu script pluginnya adakah hal yang mencurigakan.

3. Maintenance
Lakukan test untuk mencari bug pada website anda sendiri sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari bug pada website anda.

Mungkin sedikit semoga bisa bermanfaat :)


Hosting Unlimited Indonesia

0 comments:

Donate Bitcoin :
19QsXRcfUEKW9AVbGkJFB6WJPvn6uRboNr