Home » , » Gaya and Hukum Newton

Gaya and Hukum Newton

Posted by E-Learning on Friday, March 21, 2014

1.Pengertian Gaya

   Gaya adalah sesuattu yang menyebabkan benda mengalami perubahan gerak. Gaya termasuk besaran    vektor dalam SI dengan satuannya adalah "Newton (N)".

2. Hukum-hukum Newton

a. Hukum 1 Newton 
    "Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam, sedangkan benda yang mula-mula bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan tetap".
Secara matematis dinyatakan dengan :
Hukum newton I
 untuk benda diam atau benda bergerak lurus  beraturan (hukum kelembaban).
contoh:
- Bus yang bergerak tiba-tiba direm, maka penumpang akan terdorong kedepan. Sebaliknya saat bus tibia-tiba bergerak maju, maka penumpang akan terdorong ke belakang.

b. Hukum II Newton
''Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus dengan resultan gaya, searah dengan resultan gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda" .
Secara matematis dinyatakan :
F=m.a
F = Resultan gaya (N)
m = Massa benda (kg)
a = Percepatan benda (m/s2)

contoh soal:
 Sebuah lokomotif massanya 10000 kg dan memiliki gaya 20000 N yang dikerjakan oleh mesin. Jika gesekan angin diabaikan, hitunglah percepatan yang dialami lokomotif !!

jawab:
diketahui : m = 10000 kg
                 F  = 20000 N

ditanya : a = ..??
a = F/m = 20000/10000  = 2 m/s2

c. Hukum III Newton
"Jika suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, maka benda kedua memberikan gaya yang sama tetapi berlawanan arah terhadap benda yang pertama".
atau
"Untuk setiap aksi ada suatu reaksi yang sama besar tetapi berlawanan arah"

Secara matematis dinyatakan dengan :
F aksi = F reaksi

contoh :
- Ketika orang berjalan di atas lantai telapak kaki orang mendorong lantai ke belakang (aksi). Sebagai     reaksi, lantai mendorong telapak kaki orang ke depan, sehingga orang berjalan ke depan.
- Ketika orang berenang, kaki dan tangan orang mendorong air ke belakang (aksi). Sebagai reaksi air        mendorong kaki dan tangan orang kedepan, sehingga orang berenang ke depan.


Hosting Unlimited Indonesia

0 comments:

Donate Bitcoin :
19QsXRcfUEKW9AVbGkJFB6WJPvn6uRboNr